Jumat, 07 Januari 2011

Jawaban Ujian


1.             Jelaskan apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi (TI) ditinjau dari pengertian, definisi, kegiatan-kegiatan yang terjadi, dan unsur-unsur teknologi yang tergabung di dalam TI, selanjutnya mengapa diperlukan TI dan apa keuntungan dengan memanfaatkan TI?
a.       Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag dan Keen, 1996)
b.      Teknologi informasi tidak hanya sebatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
c.       Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (Williams dan Sawyer, 2003)
d.      Unsur-unsur tehnologi yang tergabung dalam TI yaitu tehnogi komputer dan tehnologi informasi
e.       Peran dan manfaat tehnologi informatika
-          TI memiliki efek besar dan dampak signifikan
-          Struktur, manajemen organisasi, serta proses suatu kegiatan sangat dipengaruhi oleh TI
-          TI mempengaruhi banyak aspek pekerjaan/organisasi


2.             Jelaskan apa yang dimaksud dengan Perangkat Keras (Hardware), Piranti Masukan (Input Device), dan Piranti Keluaran (Output Device), berikan contoh beserta fungsi masing-masing Piranti tersebut
Perangkat Keras (Hardware) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah
Contoh : Prosesor  ,Memori (RAM), Mainboard (Motherboard),Video Card, Harddisk, Optical Drive, Floppy Disk 1.44 ,Sound Card,LAN Card, Case dan Power Supply

Piranti Masukan (Input Device) berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputer agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti
Pemilihan piranti masukan harus memberi kontribusi positif terhadap penggunaan sistem,  secara umum piranti masukan yang paling tepat akan memenuhi salah satu faktor berikut:
1.      Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang pernah dilakukan
2.      Sesuai dengan tugas yang akan dilakukan
3.      Sesuai dengan maksud pekerjaan dan lingkungannya
Dalam praktek tidak ada satu piranti masukan yang dapat memenuhi semua kebutuhandiperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat saling melengkapi misalnya keyboard dan mouse
Secara umum:
§  mudah digunakan
§  bentuknya ergonomis
mempunyai sistem umpan balik yang baik
o   Pertimbangkan karakteristik dari user sekarang dan masa datang
o   Cocokkan karakteristik piranti masukan terhadap persyaratan yang diminta
o   Pertimbangkan penelitian sebelumnya dan unjuk kerja user
o   Ujilah piranti masukan didalam lingkungan kerja
o   Optimumkan sifat-sifat piranti yang mudah dimodifikasi
Pemilihan piranti (yang sesuai dengan jenis pekerjaan)
1.      Keyboard
§  Salah satu piranti input yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks
§  Kelemahan: untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya
§  Tombol pada keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian : Tombol Fungsi (function key), Tombol Alphanumerik (alphanumeric key), Tombol Kontrol (control key) , dan Tombol Numerik (numeric key)
Types of Keyboard
l  Enhanced or Extended keyboard – Typically 101 keys laid out in the QWERTY fashion; connected to the computer by a serial cable
l  Cordless keyboard – Uses infrared or radio wave signals
l  Ergonomic keyboard – Designed to help prevent Cumulative Trauma Disorder (CTD) or damage to nerve tissues in the wrist and hand due to repeated motion
Keyboard QWERTY
n  Didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik
n  Umumnya orang sudah familiar dengan layout keyboard yang disebut dengan “QWERTY”, yaitu susunan huruf tombol kiri atas.
n  Pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874

2.      Audio
Microphone – Speech recognition
Mikropon prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik
Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat, sistem ini memiliki: penganalisis, pengklasifikasi pola, dan pemrosesan bahasa
Speech Recognition – Microphone
      Speech recognition is a type of input in which the computer recognizes words spoken into a microphone
      Special software and a microphone are required
      A microphone – an input device that converts sound input into electrical signals
      Latest technology uses continuous speech recognition where the user does not have to pause between words

Pointing Devices
         Piranti ini dapat digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur
         Piranti penunjuk ini meliputi: joystick, trackballs, dan mouse
         Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinyu, meskipun mouse dapat dianggap sebagai piranti kontinyu dan diskret (dengan menekan tombol mouse)

3.      Mouse
n  Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar:
o   Kemampuan menggerakkan kursor
o   Kemampuan memilih suatu obyek pada layar ke dalam satu piranti
n  Gerakan mouse pada permukaan datar menentukan gerakan kursor pada layar, mouse umumnya mempunyai 1 sampai 3 tombol pada bagian atas untuk pilihan obyek

4.      Joystick
n  Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas
             Sifat Joystick :
o   Membutuhkan tempat yang sedikit
o   Tidak mengganggu layar
o   Harganya murah, sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game)

a.       Trackball
n  Dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola utk memindahkan kursor
n  Sifat trackball:
o   Mudah dipelajari
o   Membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick)
o   Salah satu piranti penuding yang terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan)

b.      Light Pen
n  Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detektor cahaya atau photocell
n  Permasalahan pada light pen:
o   pena dpt mengganggu layar
o   gampang rusak atau patah
o   melelahkan tangan
c.       Digitizing Tablet
d.      Touch Screen
e.       Multi-Touch Interaction

5.      Scanner
§  Merupakan peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, juga tulisan tangan
§  Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam disk
Alternative Input Devices
·                     Digital Camera
·                     Digital Video
·                     Video-conferencing
·                     Web Cam
·                     Virtual Reality Glove





3.      Piranti Keluaran (Output Devices)Output devices are peripheral devices that enable users to view or hear the computer’s processed data
l   Visual output – Text, graphics, and video
l  Audio output – Sounds, music, and synthesized speech

Visual Display System A visual display system is composed of two parts:
    •  Video adapter – Responsible for video quality
    •  Monitor – Displays the video adapter’s output

Monitor
l  A monitor is a peripheral device which displays computer output on a screen
l  Types of monitors:
o   Cathode-ray tube (CRT)
l  Uses picture tube technology
l  Less expensive than a LCD monitor
l  Takes up more desk space and uses more energy than LCD monitors

o   Liquid Crystal Display (LCD or flat-panel)
l  Used for notebook computers, PDAs, cellular phones, and personal computers
l  More expensive than a CRT monitor
l  Takes up less desk space and uses less energy than CRT monitors
l  Types of LCD monitors:
§   Passive-matrix LCD
§   Active-matrix LCD
§   Gas plasma display
§   Field emission display

Monitor Specifications
l  Screen size – The diagonal measurement of the screen surface in inches (15, 17, 19, 21)
l  Resolution – The sharpness of the image determined by the number of horizontal and vertical dots (pixels) that the screen can display (800 x 600, 1024 x 768, 1600 x 1200)
l  Refresh rate – The speed at which the screen is redrawn (refreshed) and measured in Hertz (Hz) : 60Hz atau 75Hz

Printer
l  A printer is a peripheral device that produces a physical copy or hard copy of the computer’s output
l  Two basic types:
l   Impact printer
l  An impact printer is a printer that has a print head that contacts the paper to produce a character
l  It uses ink ribbon
l  It is noisy, produces Near-letter quality printouts, and is not commonly used today
l  Dot-matrix – Pins are used to make characters

l   Non-impact printer
The non-impact printer is the most commonly used printer today and It works quietly compared to an impact printer
INKJET
l  Inkjet printer, also called a bubble-jet, makes characters by inserting dots of ink onto paper
l  Letter-quality printouts
l  Cost of printer is inexpensive but ink is costly

LASER
n  Laser printer works like a copier
n  Quality determined by dots per inch (dpi) produced
n  Color printers available
n  High initial costs but cheaper to operate per page
Multifunction Printer
A multifunction printer combines the functions of a non-impact printer, scanner, fax machine, and copier in one unit

Plotter
l  A plotter is a printer that uses a pen that moves over a large revolving sheet of paper
l  It produces high-quality images
l  It is used in engineering, drafting, map making, and seismotology

Audio Output
l  Audio output is the ability of the computer to output sound
l  Two components are needed:
l   Sound card – Plays contents of digitized            recordings
l   Speakers – Attached to sound card
l  Digital formats include WAV, MPEG, MP3, and MIDI


4.             Jelaskan apa yang dimaksud dengan Perangkat Lunak (Software), Program Sistem, dan Program Aplikasi, berikan masing-masing contoh dan fungsinya, selanjutnya sebutkan jenis-jenis Perangkat Lunak (Software) yang ada di pasaran

Software
Program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data, salah satu unsur komputer yang berperan penting dalam memproses data atau memecahkan masalah adalah

a.      Program
Deretan instruksi  yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki dibuat oleh vendor perangkat lunak
Software Fundamentals
Some basic terms
Computer Programs Sequences of instructions for the computer
Stored Program Concept Instructions written in programs are stored and executed by CPU when needed
Programming Process of writing (or coding) programs
Programmers Individuals who perform programming
Computer
Software
Systems Software Perangkat Lunak Sistem terbagi menjadi 3:
1.      Sistem Operasi (Operating System) Operating System (OS) adalah sebuah program penghubung antara user komputer dengan hardware komputer yang terdiri atas kumpulan program yang dibuat oleh vendor dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware, OS berdasar pada American National Standard Institute (ANSI): Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait
Tujuan
a.       Menyediakan atau menyiapkan kondisi agar pengguna dapat menjalankan program
b.      Untuk menggunakan hardware komputer  secara efisien
Tiga Fungsi Utama Sistem Operasi (OS)
Manajemen Proses mencakup persiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer
Manajemen Sumber Daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh software sistem ataupun software aplikasi yang sedang dijalankan
Manajemen Data berupa pengendalian terhadap data Input/Output termasuk dalam hal peng-alokasian piranti penyimpanan sekunder maupun memori utama
Contoh Sistem Operasi
l  Linux
      Linux merupakan turunan dari sistem operasi UNIX
      Linux adalah sistem operasi berbasis GPL (General Public Licence) yang berarti dapat dikopi secara bebas tanpa harus membayar kepada pemegang lisensi, dengan catatan source code harus selalu disertakan dalam penyebarannya.
      Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki tahun 1991 di Finlandia
      Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX, tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memiliki kemampuan yang sejajar dengan sistem operasi komersial lainnya.
l  Windows

Tidak ada komentar:

Posting Komentar